BeritaUMKM Emping Melinjo di Pesisir Barat Terus Bergeliat

UMKM Emping Melinjo di Pesisir Barat Terus Bergeliat

pijarkata.com – Usaha rumahan atau UMKM di Kabupaten Pesisir Barat terus menggeliat. Selain kue tradisional dan pernak-pernik ornamen, UMKM keripik melinjo atau emping juga bisa menjadi pilihan oleh-oleh untuk orang terkasih.

Salah satu UMKM emping yang cukup produktif di Pesisir Barat ada di Desa Balai Kencana, Kecamatan Krui Selatan. Setiap hari warga bekerja membuat keripik berbahan buah melinjo dan rasanya yang khas itu.

Emping melinjo yang siap dinikmati untuk teman bersantai atau makan berat. (RSD)

Proses pembuatan emping memang cukup memakan waktu. Melinjo yang sudah disangrai dan ditumbuk hingga tipis dengan kayu atau besi berlapis plastik, lalu dijemur sampai kering maksimal.

Hal itulah yang menurut Susanti, salah satu pembuat emping, mengatakan kalau harganya cukup tinggi, hingga mencapai Rp50 ribu per kilogramnya.

Buah melinjo, bahan baku untuk membuat emping. (RSD

Persediaan bahan baku buah melinjo juga terkadang tidak begitu melimpah, sehingga dalam sehari satu UMKM hanya bisa memproduksi lebih kurang 4 kilogram saja.

Pemilik usaha mengaku masih terkendala modal dan bahan baku, karena melinjo juga merupakan tanaman musiman. Untuk itu Hazairin A. Zen selaku Kepala Desa Balai Kencana akan membantu semaksimal mungkin untuk modal hingga pemasaran. (RSD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Jangan Lewatkan

PUBLIC SPEAKING FOR KIDS

0

MAGANG PUSTAKAWAN CILIK

0

Post Terakhir

Populer

More article