BeritaKerupuk Tulang Ikan yang Nikmatnya Bikin Ketagihan

Kerupuk Tulang Ikan yang Nikmatnya Bikin Ketagihan

pijarkata.com – Jika kita makan ikan, pasti bagian tulang dan durinya kita buang. Namun, bagian yang tak terpakai itu justru dimanfaatkan emak-emak di Lampung Selatan menjadi kerupuk gurih dan juga nikmat.

Bagaimana ya tulang ikan diolah menjadi kerupuk? Meski tak biasa, ternyata usaha pembuatan kerupuk tulang ikan sudah berjalan sekitar tiga tahun dan permintaannya terus meningkat.

Proses penggilingan tulang ikan. (Foto: red)

Pembuatnya adalah anggota kelompok PKK Desa Palas Aji, Kecamatan Palas. Setiap hari di sebuah rumah mereka memproduksi kerupuk tulang ikan, sementara dagingnya dibuat pempek atau bakso.

Menurut salah satu pembuatnya, Fitriah (45), pembuatan kerupuk tulang ikan tidak terlalu rumit. Bisa dikerjakan di rumah sendiri, karena tidak membutuhkan tempat luas. Namun, untuk pengeringannya saat ini masih mengandalkan cahaya matahari.

Proses penjemuran kerupuk tulang ikan. (Foto: Red)

“Cara membuatnya, daging ikan yang sudah dikukus dipisahkan dari tulangnya lalu digiling. Hasil gilingan itu dicampur tepung dan bumbu, kemudian dipotong pipih dan dijemur sebelum digoreng,” ungkap Fitriah.

Selain menggiling, semua prosesnya masih dilakukan manual bersama-sama. Anggota PKK juga secara bergantian memproduksi kerupuk tulang ikan dan itu juga untuk membantu perekonomian mereka.

Kerupuk tulang ikan setelah digoreng dan siap dibungkus. (Foto: red)

Heri Susanto, Kepala Desa Palas Aji juga berjanji akan mencarikan bantuan pemerintah daerah untuk modal, pemasaran, hingga label halal.

Usaha itu akan mereka teruskan, karena pesanan juga sudah datang dari Jakarta, Medan, Surabaya, dengan omset mencapai jutaan rupiah per minggu. [red]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Jangan Lewatkan

PUBLIC SPEAKING FOR KIDS

0

MAGANG PUSTAKAWAN CILIK

0

Post Terakhir

Populer

More article